Minggu, 28 Desember 2014

Bagaimanakah Terbentuknya Batu Alam ?

Bagaimanakah Terbentuknya Batu Alam ?

Apakah Anda tahu bagaimana terbentuknya batu alam? Sedikit penjabaran singkat mengenai bagaimana batu terbentuk serta jenis batu dan ciri-cirinya akan saya coba uraikan dibawah ini. Semoga dapat memberikan informasi yang Anda butuhkan.

Berdasarkan proses terbentuknya, batu dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Diantaranya batuan beku (igneous rocks), batuan endapan (sedimentary rocks), dan batuan metamorf (metamorphic rocks).



1. Batuan Beku (Igneous Rocks)
Berdasarkan asal katanya, batuan beku adalah batuan yang terbentuk dari pembekuan bahan yang melebur, atau batu yang berasal dari proses pendinginan dan pembekuan bahan cair pijar yang berasal dari dalam  bumi (magma).  Batuan yang terbentuk dari pembekuan lava ke permukaan bumi pada saat letusan gunung berapi disebut batuan extrusif. Sebaliknya batuan yang terbentuk akibat pembekuan lava yang menembus lapisan tanah dibawah permukaan  bumi disebut batuan intrusif. 

Adapun wujud fisik batuan beku antara lain keras, padat dan kuat dan banyak digunakan untuk lantai dan pengerasan jalan. sebagian besar batuan beku berwarna gelap. yaitu hitam,hijau tua, dan abu-abu. Contoh batuan beku diantaranya untuk andesit, gabro, basait,granit dan lain-lain.

2. Batuan Endapan  (Sedimentary Rocks)
Jenis batuan endapan atau batuan sedimen adalah batuan yang terbentuk dari pendapan  (proses pengendapan. Sebelumnya batuan endapan adalah batuan yang merupakan hasil pelapukan dari pengikisan batuan yang terbawa arus air atau arus angin. Kemudian setelah sekian lama , endapan itu menjadi keras karena tekanan. Adapun ciri fisik dari batuan ini adalah berlapis-lapis. lapisan inilah yang menandakan kekuatan dari batu tersebut. Umumnya berwarna cerah, denagn tekstur yang halus dan berkapur.

Dari ketiga jenis batuan tersebut diatas, batuan endapanlah yang memiliki bentuk  fisik lebih lunak dan remah sehingga ada beberapa bagiannya yang dimanfaatkan untuk dijadikan batu pahat (paras Jogja). Lebih banyak lagi , batuan endapan digunakan sebagai bahan penyusun bangunan dan industri. termasuk diantaranya batuan endapan yaitu limestone, sandstone, konglomerat dan lain-lain.

3. Batuan Metamorf (Metamorphic Rocks)
Adapun batuan metamorpf adalah batuan yang telah mengalami perubahan sebagai akibat dari perubahan suhu, tekanan dan lingkungan  di dalam bumi. Secara fisik batuan metamorf lebih padat dan keras dibandingkan batuan endapan. Untuk Corak,warna nya pun sangat beragam.

Adapun batu akik, tergolong pada batu endapan. Susunannya yang berlapis-lapis tentu saja akan memberikan efek tersendiri bagi keindahan batu akik. Warna nya yang beragam pun memberi nuansa tersendiri bagi si pengguna nya. Sebongkah batu endapan, kemudian di potong-potong dengan tehnik terntentu akan mengasilkn perpaduan motif yang unik pada batu akik. keindahan dan keunikan masing-masing batu akik inilah yang mengundang minat orang yang melihatnya. Sudahkan anda memiliki Koleksi batu akik? Jika belum, segera miliki dan dapatkan kesan tersendiri dengan batu akik pilihan Anda.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar